Jalangnya jalanan masa kini.
Rekan mbah daur semua,Negara kita tercinta ini banyak sekali
memiliki infrastruktur yang bernama jalan itu sangat banyak sekali,mulai dari
jalanan yang disebut,jalan protokol,arteri,sampai ke jalan yang digadang –
gadang bebas hambatan alias jalan tol,bahkan sekarang ada lagi sebutan untuk
jalan – jalan yang “ tidak resmi “ istilah kerenya jalan tikus atau jalan
cacing.
Adanya pembuatan jalan yang begitu banyak tersebut
sebenarnya bertujuan untuk memperlancar laju transportasi penghubung antar
desa,kota bahkan antar propinsi,tapi mengapa hal ini belum berjalan sebagai
mana yang kita inginkan,justru terkadang malah membuat masalah transportasi
kita terlihat ruwet dan semrawut.
Macet dimana – mana,kecelakaan bermotor kian meninggi,kriminalitas
di jalanan semakin menjamur,semua itu seperti berjalan mengikuti samakin
banyaknya jalanan yang terbangun,say tidak ingin mencari kambing yang berwarna
hitam tentang efek negative dari semakin banyaknya jalanan di Indonesia ini,saya
hanya ingin mencubit salah satunya yakni tentang tingginya kecelakaan bermotor
di jalan raya.
Kecelakaan lalu-lintas
Jalangnya jalanan masa kini. |
Kecelakaan lalu-lintas adalah kejadian di mana sebuah kendaraan bermotor tabrakan dengan benda lain dan menyebabkan kerusakan. Kadang kecelakaan ini dapat mengakibatkan luka-luka atau kematian manusia ataubinatang. Kecelakaan lalu-lintas menelan korban jiwa sekitar 1,2 juta manusia setiap tahun menurut WHO. ( Wikipedia ).
Kecelakaan lalu-lintas terutama kendaraan bermotor roda
dua,banyak sekali jenis dan kejadianya,ada yang jatuh terpeleset,senggolan
dengan pengendara lain,tabrakan lawan arah,tabrak dari belakang dsb,tapi secara
garis besar kecelakaan kendaraan bermotor itu disebabkan oleh beberapa hal
berikut ini.
- Faktor manusia.
Faktor manusia merupakan faktor yang paling dominan dalam kecelakaan.
Hampir semua kejadian kecelakaandidahului dengan pelanggaran rambu-rambu lalu
lintas. Pelanggaran dapat terjadi karena sengaja melanggar, ketidaktahuan
terhadap arti aturan
yang berlaku ataupun tidak melihat ketentuan yang diberlakukan
atau pula pura-pura tidak tahu.Selain itu manusia sebagai pengguna jalan raya
sering sekali lalai bahkan ugal ugalan dalammengendarai
kendaraan, tidak sedikit angka kecelakaan lalu
lintas diakibatkan karena membawa kendaraan dalam keadaan mabuk,
mengantuk, dan mudah terpancing oleh ulah pengguna jalan lainnya yang mungkin
dapat memancing gairah untuk balapan.
- Faktor kendaraan.
Faktor kendaraan yang paling sering adalah kelalaian perawatan yang
dilakukan terhadap kendaraan. Contoh nya seperti rem blong, setir
macet, dll.
Untuk mengurangi faktor kendaraan perawatan dan perbaikan kendaraan
diperlukan, disamping itu adanya kewajiban untuk melakukan
pengujian kendaraan bermotor secara reguler.
- Faktor jalan dan lainnya
Faktor jalan terkait dengan kecepatan, rencana jalan,
geometrik jalan, pagar pengaman di daerah pegunungan,ada
tidaknya median jalan, jarak pandang dan kondisi permukaan jalan.
Jalan yang rusak/berlobang sangat membahayakan pemakai jalan
terutama bagi pemakai sepeda dan sepeda terbang.
- Faktor Cuaca.
Hari hujan juga memengaruhi unjuk kerja kendaraan seperti jarak
pengereman menjadi lebih jauh, jalan menjadi lebih licin, jarak
pandang juga terpengaruh karenapenghapus
kaca tidak bisa bekerja secara sempurna atau lebatnya
hujan mengakibatkan jarak pandang menjadi lebih pendek. Asap dan kabut juga bisa
mengganggu jarak pandang, terutama di daerah pegunungan.
Kecelakan lalu lintas disebabkan manusia.
Dari beberapa faktor penyebab terjadinya kecelakaan bermotor
tersebut yang paling bikin saya geram adalah jika sudah mengarah pada faktor
manusia ( human error ),karena jika
benar terjadi kecelakaan disebabkan oleh seseorang yang lalai,atau berkendara
secara ugal – ugalan,bukan hanya orang tersebut yang menderita,bisa jadi ada
orang lain yang terkena imbasnya.
Seperti kejadian beberapa hari yang lalu,kejadian ini tepat
sekian meter didepan saya,siang itu memang kondisi cuaca sangat terik dan panas
sekali terlebih jam memang tepat pukul 01.00 siang,selepas saya pulang mengajar
saya mengendarai “ si biru “ dengan kecepatan sedang cenderung slow,tiba tiba
ada beberapa motor yang menyalip saya dengan sikap aroganya,motor yang sengaja
dibikin “gede” tampang bikers pokoknya gak pas banget cara menyalipnya.
Baru selesai hati saya menggerutu tiba – tiba dari arah
depan saya mendengar orang berteriak dan suara rem berderit keras,terlihat motor
para bikers tadi sempoyongan dan sejurus kemudian tergeletak tiduran diatas
aspal yang panas,saya terdiam sontak menghentikan laju motor saya,sembari saya
berusaha menghentikan laju kendaraan yang melintas,kemudian beberapa pengendara
yang lain berinisiatif menolong korban.
Darah mengalir,luka sobek dan lebam disana sini,mereka tidak
sadarkan diri,disaat seperti itulah banyak sekali muncul wartawan gadungan yang
mencoba mengorek keterangan kenapa sampek terjadi kecelakaan tersebut,gayung
bersambut banyak pula warga yang seketika menjadi saksi mata dadakan,padahal mereka
hanya menoleh pada saat motor sudah tergolek di aspal,inilah yang menjadi
kolaborasi apik untuk menghasilkan berita basi yang simpang siur,wartawan
gadungan yang akan menambah dan mengurangi berita,saksi mata dadakan yang
seolah – olah melihat kejadian.
Alhasil kecelakaan bermotor yang disebabkan karena menghindari
motor di depan yang tiba-tiba berhenti mendadak,tervonis kecelakaan karena pengendara
motor tersebut ugal-ugalan yang memacu motor dengan kecepatan tinggi,sementara
pemotor yang tadi mendadak berhenti ditengah jalan yang dengan susah payah
dihindari meski harus mengorbankan diri,malah asik ngeloyor masuk gang tanpa
merasa ada salah apalagi dosa,hmmm.
Berkendara dengan hati-hati dan penuh waspada saja masih
sangat rawan terjadi kecelakaan,apalagi sembrono dan tidak waspada,ingat kawan
sudah banyak kerugian disebabkan kecelakaan lalu-lintas,bukan Cuma harta dan
waktu saja,tapi bisa nyawa yang sebagai jaminan.