Waspada mesin ATM perusak kartu ATM. - Mbah Daur -->

Waspada mesin ATM perusak kartu ATM.

Friday, March 9, 2018

Waspada mesin ATM perusak kartu ATM.


Waspada mesin ATM perusak kartu ATM.

Rekan mbah Daur semua,terlihat dari judul waspada mesin ATM perusak kartu ATM,sudah sangat jelas sekali sebenarnya saat ini saya sedang marah dan emosi,penyebabnya karena kartu ATM saya dirusak oleh mesin ATM itu sendiri,

Mesin ATM ( Anjungan Tunai Mandiri ) mestinya bersahabat baik dengan kartu ATMnya,tetapi entah mengapa sebabnya kali ini saya merasa ada yang tidak beres antara keduanya,mungkin sedang bad mood atau marahan sehingga kartu ATM saya dirusak oleh mesin ATM tersebut.
Mbah Daur
Mesin ATM

Mesin ATM dan kartu ATM.

ATM dalam bahasa inggris disebut Automatic teller machine, sendangkan dalam bahasa Indonesia disebut anjungan tunai mandiri.ATM adalah alat elektronik yang difasilitasi oleh Bank kepada pemilik kartu ATM tentunya agar mempermudah dalam transaksi secara elektronik seperti mentransfer uang , mengambil uang, mengecek saldo dan lain-lain tanpa perlu diawasi oleh teller. dan setiap kartu diberikan PIN (Personal Identification number) yang berbeda guna untuk menjaga keamanan.

Pengertian kartu ATM dipaketkan dengan pengertian kartu debet. Di mana pengertian kartu ATM adalah “alat pembayaran menggunakan kartu yang dapat digunakan untuk melakukan penarikan tunai dan/atau pemindahan dana dimana kewajiban pemegang kartu dipenuhi seketika dengan mengurangi secara langsung simpanan pemegang kartu pada Bank atau Lembaga Selain bank yang berwenang untuk menghimpun dana sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku”.

Sedangkan, pengertian kartu debet adalah “…pembayaran dengan menggunakan kartu yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran atas kewajiban yang timbul dari suatu kegiatan ekonomi, termasuk transaksi pembelanjaan, dimana kewajiban pemegang kartu dipenuhi seketika dengan mengurangi secara langsung simpanan pemegang kartu pada bank atau Lembaga Selain Bank yang berwenang untuk menghimpun dana sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku”.

Mesin ATM perusak kartu.

Setelah saya melakukan proses penggantian kartu ATM yang baru di Bank cabat terdekat dengan rumah saya esok harinya,dan saya menceritakan kronologis kenapa sampai kartu ATM saya rusak seperti itu dan tidak bisa dipergunakan lagi.

Sebuah jawaban yang sangat mengejutkan saya dapatkan dari Customer service Bank tersebut,CS Bank tersebut selain cantik dan ramah juga berbahasa sangat halus dan sopan ( jadi pengen tukar tambah ) hahaha.maksud saya CS Bank tersebut menjelaskan bahwa memang ada beberapa mesin ATM yang bisa menyebabkan kartu ATM yang bertransaksi di mesin tersebut jadi rusak.

Mesin ATM bisa jadi perusak kartu ATM karena sudah pernah atau akan dipakai untuk melakukan kejahatan,misalnya sudah pernah diganjal dengan lidi atau batang korek api,tujuanya adalah ketika nanti ada orang yang akan bertransaksi kemudian kartu ATM tersebut akan sulit untuk keluar secara otomatis seperti biasa.

Orang tersebut kan pasti berpikir kartu ATM nya tertelan sama mesin ATM,kemudian dia tinggalak begitu saja kartu ATM nya yang tertelan mesin ATM tersebut begitu saja,padahal itu bukan tertelan tetapi tertahan saja,pada saat pemilik kartu ATM tersebut sudah jauh maka orang yang memang membuat jebakan tersebut mulai beraksi untuk mengambil kartu ATM tersebut kemudian untuk melakukan transaksi kembali di mesin ATM yang lain dengan terlebih dahulu orang tersebut mengingat kode PIN orang sebelumnya.

Atau bahkan ketika pemilik asli kartu ATM ini pergi meninggalkan mesin ATM,pencurinya langsung melakukan transaksi melanjutkan transaksi pemilik kartu ATM tadi yang posisinya masih didalam mesin.

Beruntungnya saya adalah ketika saya sudah selesai melakukan transaksi dan akan mengakhiri transaksi kartu ATM saya itu lama sekali keluarnya,nah pada saat keluar itu hanya sedikit banget muncul dari lobang mesin ATMnya,karena kuatir kartu saya akan masuk kembali dan tertelan mesin maka saya tahan dan tarik keluar,tapi kok seret banget bahkan cenderung seperti terganjal.

Karena saya sedikit memaksa untuk keluar kartu tersebut maka tergoreslah bagian belakang kartu ATM saya sehingga gagal untuk melakukan transaksi – transaksi lewat mesin ATM lainya.

Mungkin ini pengalaman pribadi saya,tapi bukan tidak mungkin sebagian rekan – rekan pernah mengalami hal serupa,untuk itu hindari bertransaksi menggunakan mesin ATM yangsepi alias jauh dari lalu lalang orang,mesin ATM yang peneranganya kurang terang,atau bahkan hindari transaksi menggunakan mesin ATM yang kumuh,kotor dan seperti tidak pernah di maintance dari pihak BANK.

Lokasi yang sepi,mesin ATM yang tidak atau jarang di maintance oleh pihak Bank merupakan mesin – mesin ATM yang perlu kita waspadai bukan tidak mungkin mesin – mesin ATM tersebutlah yang saya sebut dengan istilah mesin ATM perusak kartu ATM.

bm

Terkadang informasi yang bermanfaat tidak mengenal waktu kapan di baca dan siapa yang membacanya,terlebih berita dan informasi daur ulang.